Barbershop

February 25, 2018


...


Ceritanya gue baru pindahan ke Jogja.
Belum lengkap sebulan gue disini, jadi semuanya masih sangat baru. Kosan baru, kasur baru, spons cuci piring baru, sempak juga masih bau indomaret, tanda masih baru.

Ya, gue belum kenal semuanya sih, dan itu termasuk dengan tempat potong rambut.

Nah! rambut gue akhir bulan itu udah panjang dan meresahkan nih. Em ya, dalam itungan gue sih udah panjang.
Rambut gue bandel dan susah diatur gitu, menjalar kemana-mana.
Mata gue jadi suka ditusuk rambut. Padahal sih niatnya bergaya jambul kan, tapi karena ngga kuat menopang kemiringan jambul 35° jadinya ambruk mulu.
Bukannya jadi jambul malah jadi poni berduri, mata gue merah-merah, tambah anak kos baru yah, yang katro baru tau kalo mandi itu ternyata tidak wajib dan menghemat cucian :). Dah miriplah gue sama Andika Kangen Water cuma gue versi lebih ‘kawaii’nya aja sih.

Gausah! Jangan dibayangin. Gue takutnya lo salah, malah liat Jenglot bermata sharingan. Kan liar.

Terus, gue niatin nih jalan-jalan sekitar kosan, kebetulan gue ngekos di tengah kota dong. Yang secara tidak sombong, gue jalan-jalan di kota berarti. Katro sih.

Nih yah, gue kasih saran buat kalian. Kalo kalian lagi jalan-jalan di kota Jogja, dan kalian jalan kaki, juga tidak sedang berniat naik Transjogja (itu Bus), lalu pas jalan kok nemuin halte Trans di tengah trotoar, JANGAN masuk! Sumpah jangan masuk!

Lo masuk, lo bayar!

Serius ini! REAL!!

Gue lagi jalan nih di trotoar, eh kebetulan ada halte Trans di tengah kan, ya gue masuk ae numpang lewat. Lah, masak gue dicegat sama Om-om.

Dia kepo “mau kemana, Dek?” gue jawab dong “Cuma mau kedepan kok, Om.” “Oke, 3500, Dek.” 

LAH? HAH? Gue bingung. Diem gue. Ini gue lagi dipalak apa gimana sih. Tau ae gue ini macam turis ringkih tidak berdaya, rambut emo, tapi hati kawaii.

Yah, yaudah deh gue kasih dia 3500 dengan berat hati. Gimana lagi dianya berdua gede-gede, gue kecil sendirian mudah mimisan gini.

Sejak hari itu, kalo gue jalan di trotoar ketemu halte, mending gue ngalah lewat jalan rayanya deh. Diklakson motor bodoamat, yang penting ngga dipalak.

Kembali ke pokok masalah.
Gue lagi liat-liat tempat potong rambut sekitar. Dan selama sore itu yang gue temuin barbershop yang bagus-bagus gitu.
Gue liat sekilas Masnya ganteng-ganteng rambutnya berkilau, pada pake celemek kulit yang lebih terlihat tebel daripada baju zirah samurai, kursi eksekusinya gede-tinggi pake remot pula, kayak kursi pijat di mall yang biasanya didudukin Om-Om tidur lemes sambil getar-getar gitu.

First impress ya gue mikir pasti mahal dong. Dan buat anak kos baru, di akhir bulan yang hari-harinya suka mendung, sudah jelas itu ngga baik, bukan perbuatan akhlakul mahmuda.

Bimbang, gue WA aja si Ipeh, mencari solusi. Siapa Ipeh? Baca-lah postingan sebelumnya (paling ngga yang dari postingan 2013).

“Peh?”

“Apa?”

“Mau potong rambut jangan?”

“Jangan. Berat.”

“Eh Peh. Potong rambut dimana ya? Disini babershopnya bagus-bagus. Takut kalo mahal.”

“Sans ae kali! Kata temen cowok gue di Jogja tuh babershopnya murah-murah. Harga mahasiswa lah. Kan kota pelajar!”

“Serius?”

“y.”

Dan gue percaya aja sama si kampret ini.

Masuklah gue ke salah satu babershop terdekat dengan percaya diri.

Hari minggu sore, kaos oblong, celana kolor dari bahan sarung bekas pilihan yang dijahit sekenanya, sendal jepit ijo (warna RGB garis keras) ada tagline mencolok ‘Turn Back Crime’-nya, dan juga, ngga ada pikiran buat mandi seharian itu, jadi ya lo tau lah bentukan gue gimana. Macam Jenglot kawaii gue ini.

Krrriiing.. Pintunya bisa bunyi.

Semua pasang mata di ruangan itu liatin gue aneh. Gue liatin mereka aneh. Kita bertatapan aneh. Lalu dari ujung ruangan dibalik mini bar mas-mas aneh memecah keanehan ruangan itu “Se., selamat.. datang, Bang!”

“Iy.. oke. Selamat.., Bang.” jawab gue.

Gue diem lumayan lama melihat sekeliling. Tempatnya harum bau cokelat sama tonic rambut (kalo ngga salah namanya tonic sih), desain ruangannya dibikin vintage-vintage gitu, ya serasi lah sama fashion gue ini vintage garis keras asli dari bahan bekas.

Gue jalan mendekat ke bar. “Mas, eh, Bang mau potong rambut nich”

“Oke Bang, silahkan duduk dulu. Nunggu 3 orang aja kok”

OKE 3 ORANG. AJA. TIGA MANUSIA A J A. Pasti cepet dong, pikir gue.

Duduk lah di sofa deket pintu keluar. Empuk sih, tapi hampir nelen gue saking empuknya.

Gue liat disitu ada cewek juga. Kirain mau ikut di pomade-in ternyata pada nganter pacarnya potong. Cuma gue doang sama bocah SD ingusan brisik yang ngga dianter pacar. Tapi dia dianter bapaknya sih.

Tiba-tiba si mas-mas nyamperin gue nyodorin cup coklat panas. Kaget dong “Mas, saya ngga pesen kok”

“Gapapa Bang, ini free”

“Saya cuma mau potong rambut doang kok, serius!” gue ngotot.

“Gapapa Bang, ini free!!”

Malah ngga terima kan gue dikasih ginian “Mas serius gapapa kok, saya gausah dikasiani!” sampai akhirnya gue sadar ada poster gede di tembok ‘FREE HOT COCHOLATE’ dan semua orang disitu pada megang cup.

Gue nyengir ke masnya. “Hehe.., iya deh mas. Makasih.”

“Oke Bang. Sambil diminum Bang, sabar nunggu cuma 3 orang kok”

“Sip.”

To be honest, itu coklat panas terenak yang gue minum. Ya karena pengalaman minum coklat gue sebatas coklat sachet aja sih.

Tapi kayaknya kalian perlu nyoba deh. Ena.

Sampai coklat gue habis, gue ngga dipanggil-panggil.
Udah sejam lewat. Badan gue udah gatal, poni gue mulai menusuk-nusuk mata, keringet sama minyak wajah berkilauan. Jenglot goreng deh gue.

Ternyata yang dia maksud sabar CUMA nunggu 3 orang itu adalah gue harus nunggu 3 manusia dan mas potongnya dari mulai mereka setting kursi eksekusi, cek alat potongnya, nyuci handuknya, milih gaya rambut yang kudu buka Instagram dulu hairstyle lookbook mana koneksi lelet ditengah pencarian malah nonton awkarin live dulu, dipitain rambutnya, dielus-elus, potong, disampoin, bilas, pijetin, hot towelin, dikasih tonic yang wangi itu, milih pomade yang gatau kenapa harus banget nanya satu-satu yang ini-itu bedanya apa, digayain, disisirin, dipakein baju, bikinin sarapan, dianter berangkat sekolah lah sekalian. Anjir lama.

Nyaris nih 2 jam gue nunggu. Selesai dong 3 manusia itu.
Nah, udah giliran gue, udah siap-siap berdiri mau naek ke kursi nih. Lah masnya bilang “Bang, bentar ya. Break dulu. Makan malam dulu”


Wadefak!


Gue aja belum makan malam, Mas! Cuma minum coklat gini doang mana keyang.

Bete gue disitu, pengen pulang tapi ngga enak udah dikasih coklat. Hati gue besar.

Selesai mereka makan, males-malesan gue naek kursi eksekusinya. Mana mplorot lagi. Ngga pas nih desain kursinya buat manusia imut kayak gue. Rasis.

Semua udah siap, ditanya sama masnya mau gaya rambut gimana. Dasarnya gue gatau jenis gaya rambut, ya gue bilang ae “rapihin aja mas, jangan tipis-tipis” 

“oke.”

Dan nggak lama, gue udah aja selesai dipotong. Gak kerasa sama sekali. Merasa ngga rela sih kenapa kok gaya rambut gue gampang sekali buat masnya.

Lalu gue si sampoin, dibilas, pijit-pijit pala sama bahunya geli gue menggeliat-nggeliat jadinya. Dari sekian prosesi paling suka sih gue dihot towel. Ena ternyata di bekepin handuk panas.

Mungkin emang semua cowok kalo baru potong rambut berasa paling keren yah. Termasuk gue. Jadinya gue selfie-selfie disitu, sebodoamat sama yang lain ngeliatin.

Puas. Ke kasir lah gue sambil nyiapin 10ribuan. Mau pamitan.

“Berapa Mas?”

“50K Bang”

Wah kaget gue “Hah, berapa mas?”

“Lima puluh ka, Bang!”

Anjir. Gila aja.

Ya mungkin buat ukuran potong rambut cewek 50k is nothing yah. Tapi ini gue cowok!

Seumur hidup belum pernah gue ngabisin 50ribu buat potong rambut doang. Sering, digratisin karena yang motong tetangga.

Mana akhir bulan, anak kos baru, galon air kosong.
Udah berasa kayak “Gini deh mas, rambut saya botakin ae sekalian biar gausah disampoin sama kasih tonic selama ini gak pake juga masih hidup kok, ya cuma kutuan aja sih. Ini cup coklat saya cuciin deh gausah dibuang sayang. Gausah mijitin juga, masnya sini saya yang mijit.”

Tapi ya apa daya, ngga berani gue ngomong gitu. Rela deh gue keluarin 50k buat sore yang sudah kemalaman itu.

Sukses gue di palak dua kali seharian.
Makan malam gue cukup pake coklat panas tadi. Cup nya ngga rela gue tinggal, bodoamat gue bawa pulang gue cuci di kos. Niat mandi juga hilang, sayang pomade sama tonic ntar ilang. Gamau rugi gue.

Sampai kos gue blokir kontak si Ipeh. Bangsat dia.
Sesat, mana katanya harga mahasiswa?!
Mahasiswanya negara mana?! :(

You Might Also Like

0 komentar