Anak Anak Kecil

June 24, 2016

...

Gue suka anak kecil. Sangat suka.
Tapi,
Gue gak suka kalo udah jadi anak-anak kecil.

Biar gue ulangi.

Gue suka anak kecil, tapi gue gak suka anak-anak kecil.
Kalo kalian gak paham, salahkan otak kalian. Dasar bego.
Ini cuma masalah arti kata tunggal dan jamak doang.

Kenapa bisa begitu?

Karena saat anak kecil itu sendirian, maka dia bukanlah ancaman. Malah menggemaskan.
Tapi kalo udah bergerombol, mereka adalah ancaman yang sungguh merepotkan.

Bisa kita lihat pada waktu Shalat Tarawih.
Ya, mumpung ini bulan puasa jadi suasananya pas kalo ngomongin Shalat Tarawih sama Takjil. Takjil-atin.

Sering kali kita jumpai anak-anak kecil yang ikut Shalat Tarawih.
Pamit buat Shalat Tarawih. Dengan riang gembira mereka berlari ke Masjid terdekat. 
Anehnya, sampai di Masjid, mereka gak berhenti berlari.

Mereka biasanya mengitari Masjid, mencari kerabat mereka. Gerombolannya. Gengnya!

Setelah ketemu, 
mereka basa-basi terlebih dahulu dengan saling sapa dengan berbagai gaya tentunya. 
Ada yang tos, ada yang salto terus tos, ada yang jorokin temennya dulu baru tos, ada yang niup-niup tangannya dulu baru tos, ada yang ngupil dulu lalu dijauhi temen-temennya, ada juga yang liatin mereka tos sampe lupa gak shalat. 
Ya, yang terakhir itu gue.
hehe.  

Nah kalo udah kumpul gini, biasanya mereka langsung menempatkan diri di barisan paling belakang, terutama pojok.

Buat basa-basi, awalnya mereka ikut shalat, dua-empat rakaat salah satu dari mereka tumbang “istirahat dulu ah.. capek!” 
ini biasanya bosnya nih. 

Setelah mendengar kalimat tadi, yang lainnya, budak-budaknya pada ikutan. 
Ah iya capek juga.. sama.. ah aku juga.. ..Ahh. 
lalu mereka duduk bersama di barisan belakang. 
Sungguh aksi yang terencana.
Licik.

Awalnya sih mereka emang cuma melakukan aksi duduk bersama. 
Tapi, lama-lama mereka bercanda dan bergurau yang bertujuan membuat suatu kegaduhan.
Gak butuh waktu lama, barisan belakang sudah dipenuhi suara-suara gaduh. Mereka mulai kelihatan aslinya.

Diantara mereka, ada yang saling menggelitiki hingga salah satu dari mereka tak-sadar-kan diri, ada yang main jorok-jorokan, ada yang ngomongin kartun, mainan, makanan, anak jalanan. 
Sial, mereka ngomongin anak jalanan.

Lu bisa bayangin gak sih, saat lu pengen khusyuk Shalat Tarawih tapi telinga lu dipenuhi suara gaduh yang ngerebutin peran dalam sebuah sinetron, siapa yang bakal jadi Boy, Mondi, dan sisanya, komplit dengan segala problematika sinetron tersebut. 
Gue juga ikutan emosi jadinya! Gue gak dapet peran!
Parah.

Jaman gue dulu, gue gak kenal sinetron!
Dulu, gue rela berantem sama temen gue cuma buat rebutin siapa yang jadi ranger merah.

Dan selalu berakhir dengan gue nangis pulang kerumah.

Dulu gue emang cemen. Tapi, bukan itu intinya!

Hari demi hari, gue amati nih bocah-bocah malah makin parah. 
Yang tadinya basa-basi dulu Shalat Tarawih walau cuma dua-empat rakaat, sekarang mereka datang ke Masjid langsung mainan.

Lebih parah lagi, sekarang mereka bawa properti!

Semalem, ada yang bawa boneka ultramen. Gila parah.
Gue gak tau apa yang dia pikirin sampe ada ide buat bawa ultramen ke Masjid. 
Dia takut ada monster tiba-tiba nyerang Masjid apa gimana?

Bukan cuma boneka ultramen. 
Ada juga yang transaksi jual beli petasan! Gila gak lu! 
Parah!

Bocah cilik jual beli petasan di Masjid! Sambil bawa boneka ultramen!
Gue curiga ini isi boneka ultramen adalah petasan selundupan.

Nih kalo dibiarin, gue takutnya makin parah lagi. Bisa aja besok-besok ada yang bawa suriken. 
Bukannya pakek peci malah pakek iket kepala Naruto. 
Kan jadi ada perang ninja di dalem Masjid. Kalo waktu ruku’ kena tendangan salto nyasar kan mampus gue.

Bukan cuma bocah-bocah cowok yang bikin gaduh, cewek juga gak kalah saing.
Modusnya aja nyamperin bapaknya biar bisa masuk ke barisan cowok, padahal cuma mau tebar pesona. 

Dasar cewek.

Pokoknya parah-lah nih geng tengil-tengil.
Mau diomongin cuma didengerin doang, tegur kerasan dikit ngadu ke orangtua, diteriakin malah menjadi-jadi bisa aja pura-pura kesurupan, kan ribet. 
Sampe si Bapak Imam pernah nakut-nakutin mereka “jangan ribut yah, ini malam Jumat loh..”, eh bukannya diem takut, yang ada malah mereka main hantu-hantuan. Bangke.

Gue kadang gak tahan, apalagi sama bocah yang bawa boneka ultramen ke Masjid, apa coba maksudnya.

Hal yang nyebelin lainnya adalah waktu jamaah bilang ‘Aamiin’ selesai baca Al-Fatihah.
Nih, bocah-bocah gak-mau-tau dia lagi apa, entah lagi berantem, tidur, ngobrol, mainan ultramen, kayak ada saklar aja yang ngubungin mereka, pada kompak teriak amin sekenceng-kencengnya. Biasanya nih ya, yang paling kenceng dialah si Bosnya.

Kayak ada hukum di antara mereka yang menyatakan barang siapa yang teriak ‘aamiin’ paling kenceng, dialah yang harus kita hormati.

Iya bener. 
Biasanya bocah yang paling kenceng teriak amin duduk di tengah, terus setelah teriak, dia diketawain temen-temennya sebagai tanda hormat mereka pada si bocah. Si bocah ini cuma merenges bangga, tanda keberhasilan. Cih.

Pengen gue ke Masjid bawa petasan. 
Pas tengil-tengil pada siap buat teriak amin, gue lempar tuh petasan ke belakang. Nah kaget, kaget lu! 
Biar pada kejang-kejang jantungan juga bodo amat.

Ngeselinnya lagi kalo lu inget, ntar pas lebaran dengan wajah sok polos mereka, minta angpao.

GAK BAKAL GUE KASIH! 
Gue inget wajah-wajah lu, bocah!
Gue tandai kalian!
Apalagi lu yang bawa ultramen ke Masjid! 
Sungguh nista dirimu, nak!

You Might Also Like

0 komentar