Pasca Wisuda

June 09, 2016


...

Anggep aja gak latepost. Baru liburan nih. Hehe.

Tepat setelah gue ngepost ‘Besok Wisuda Nih’ gue dapet pesan BBM dari K-pop.
parah abis


Dan beberapa hari setelahnya desa gue banjir. 
Gue curiga ini aksi yang direncanakan.

Terlepas dari semua itu, gue mau cerita waktu gue wisuda kemaren. Anggep aja kemaren.

Nggak gimana-gimana sih, cuma paling gue kebagian toga ukuran gajah. Panjangnya mungkin 170cm, sedangkan tinggi gue setengahnya. 
Gila, badan gue kelelep. Sudah kayak kombinasi Casper sama Dementor tau gak. Cemen, jelek, penghisap jiwa.

Udah gitu pas kemaren wisuda diwajibkan pakek sepatu pantofel. Gue minjem sepatu kakak sepupu gue. Sepatunya nomor 42 sedangkan kaki gue minimalis. Nggak jadi masalah besar sih, soalnya gak ada yang tau selain gue dan orang rumah kalo gue pakek 3 lapis kaos kaki tebel dan 2 lapis sol sepatu terbuat dari kardus bekas. Ironi fashion.

Acara berjalan lancar dari awal hingga akhir. 
Prosesi wisuda berjalan dengan indah tanpa ada yang jatuh gara-gara keinjek toganya atau sepatunya lepas bak cinderella. 
Gue selamat.

Acara selesai, waktunya foto-foto. 
Di hari itu gue sengaja bawa kamera dengan alasan gue punya rencana buat foto bareng gengs dan doi. Semuanya sudah terencanakan.

Namun, rencana adalah rencana.

Temen-temen pada liat gue bawa kamera, alhasil mereka minta difotoin. Berkali-kali. Nyita waktu banget dan bikin gerah. Toga gak ada fentilasinya
Tapi gak masalah setelah mereka udahan, gue minta salah satu temen buat fotoin gue bareng doi.

Foto sama doi sudah. Giliran gue foto sama gengs. 
Gue nyari mereka ke penjuru ruangan. Dan ternyata mereka udah pulang kecuali Rakancut sama Memeng. Kecewa sih, mengingat kami udah rencanain ini jauh hari dan gue rela bawain kamera beserta tripod yang jelas semua itu berat.

Tapi mereka punya alasan yang gak bisa gue gugat. Ada yang katanya mendadak sakit, pulang bareng orangtuanya yang orangtuanya punya urusan, dan ada Danang. 
Gue gak tau alasan pastinya, yang jelas setelah dia foto bareng pacar baru-nya, dia pulang. Bangsat.

Lalu ada adek kelas minta foto.

Jadi, gue sama Rakancut lagi ada di depan panggung nunggu gengs yang ternyata mereka pulang duluan. Dan di sebelah kami ada Andrianjir yang lagi dikroyok adek-adek kelas minta foto bareng.

Beberapa menit kemudian gue didatengin dua adek kelas (cewek).
Mereka nyamperin gue dan bilang gini “Mas, boleh foto bareng gak?” Kepedean, gue udah mau bilang sama Rakancut buat dia yang fotoin kami. 
Tapi, adek kelas yang satunya ngomong ke gue “Difotoin mas-nya aja, sebelah sini biar keliatan panggungnya” sambil nunjuk kamera yang gue gantungin di leher.

Seketika Raka ketawa puas menghina gue yang udah kepedean ini.

Ternyata mereka cuma minta difotoin. Sesaat gue pengen ngarungin mereka pakek toga gajah ini sambil gue gaplokin pakek pantofel. Parah bangsat.

Kesialan gak berhenti disitu. 
Singkat cerita gue sampai rumah, ngecek foto di kamera dan gue nemuin beberapa foto penting gue hilang, beberapa foto yang ada gue-nya blur, dan yang rasanya gue difotoin lebih dari 3 kali ternyata gue sama doi di fotoin-nya cuma sekali doang dan itu blur!

Bangsat parah baday!!

Belum lagi langsung ada orang-orang yang gak tahu diri chat gue, maksa minta dikirimin fotonya. Bangke.

Gue kecewa, kesel, marah parah. Badai-lah.
Gue merasa gagal aja setelah memposting pertanyaan di postingan sebelumnya ‘apakah gue bakal sedih atau seneng pas wisuda?’ karena gue sendiri gak tau jawaban pastinya.

Tapi yang pasti wisuda bikin gue belajar tentang sesuatu.

Bahwa, waktu seolah memaksa kita untuk dewasa. 
Memaksa kita untuk bertemu dan memaksa kita untuk berpisah. 
Semua itu bakal ada terus seiring waktu menemani kita. Tetapi waktu tidaklah mengubah apapun.

Bukankah bertemu dan berpisah adalah pilihan? 
Kita dapat memilih untuk pergi mencari atau diam bertahan.

Adalah kewajiban manusia untuk berkembang, belajar menjadi pribadi lebih baik.

Dewasa, hanyalah sebuah istilah. Begitu juga dengan usia, hanya sebuah angka. Bukankah dewasa tidak disebabkan karena usia?

Aditya F Kurniawan. Wisuda 2016.


Bonus!


Rakancut.
Gak ikut pulang duluan soalnya mau nebeng gue.

Memeng. Nama aslinya Amel.
Minat? PING me!

Andrianjir.
No describe.
You know who he is.

You Might Also Like

0 komentar