Horor-zing

April 21, 2017



Gue tuh jarang banget punya niatan buat nonton film horor di bioskop. Bukan karena gue penakut, tapi emang gak suka aja.

Gue selalu aja merasa sia-sia setelah nonton film horor.

Kenapa?


Karena jalan cerita yang gitu-gitu terus, dan yang paling ngeselin adalah lo itu tau adegan-adegan mana yang bakal ngagetin, tapi sesiap-sesiapnya lo nyiapin mental buat gak njerit kaget, tetep aja bakal kaget.
Kayak, lo bener-bener gak bisa lari dari takdir itu, gitu.
Suka gak suka, ya, harus kaget. Harus.


Dan,

Bonusnya,

lo akan ingat betul detail muka sih setan setiap, tepat, sebelum lo tidur.
Ini nih, yang keterlaluan.
Enak-enak sebelum bobok kita bayangin wajah doi yang rupawan, gara-gara film setan, lo malah jadi kebayang muka serem yang sembarangan itu dan bikin curiga sama bantal guling lo sendiri.


"Jangan-jangan nanti bantal guling gue berubah? Aduh jangan gitu dong."

Jadi, gak ada untungnya nonton film horor.

Kecuali lo nonton bareng pacar. Nah,  kalo ini mungkin beda cerita.
Yang jelas, gue gak bisa ceritain gimana rasanya nonton film horor bareng pacar. Ya, karena, gue belum pernah ngajak pacar gue nonton horor.


Gue sih nonton yang berkualitas doang.


HAHA


...

Tapi, kemaren, gue mau-maunya diajak temen buat nonton filmnya 'Mba Asih' (buat kalian yang nonton, kalian pasti ngerti).
Ya, karena gabut, kenapa nggak. Gratis pula. Hehe.

Kita sengaja milih jadwal sore, di hari yang menurut kami "pasti ya di bioskop sepi, nih."


Eh nyatanya salah.


Nyampe sana, terlihat seluruh sudut-sudut gedung bioskop penuh dengan pemandangan tangan bergandengan, dan tangan berangkulan. Tae.
Lagi, kami cuma kebagian bangku depan.

BANGKU DEPAN.

Hm,

Sudah pernah? Nonton film horor, dan lo duduk tepat di atas layar bioskop yang segede itu? Yang, dengan bebas muka berantakan si setan men-ci-luk-ba lo berulang kali? Berulang kali, sampe lo mampus?!

Udah serem liatin meringisnya Mbak Asih, jantung dibikin kejut-kejut, DAN masih harus juga nih leher pegel-pegel?

Sembarangan banget sih filmnya.



Untungnya, dua kursi pojok sebelah gue kosong, jadinya bisa gue manfaatin buat tiduran tanpa risih sama orang.
Yaa, walaupun ditakut-takutin, sebisa mungkin gue takut dalam posisi pw lah ya.

Nah, jalan 15% durasi film, keanehan mulai muncul.

Gue merasa aneh, gitu.

Disaat adegan-adegan serem yang ngagetin, disaat yang lain jadi takut dan teriak.

Kenapa,


gue malah ketawa?

Anjir

Gue gak jelas banget.
Resah.
Gue bingung, ini rasa takut level berapa nih, kalo gini.
Apa tingkat ketakutan gue yang tinggi, apa emang selera humor gue receh?

Gue sampe diliatin kursi depan karena saking kerasnya ketawa, disaat suasana lagi mencekam. Disaat mereka berpelukan, dan salah satu dari mereka bilang "sayang.., takuuut."

Film sudah seperempat jalan. Gue mulai menikmati film, dengan cemilan yang ada, dan dengan posisi yang luar biasa.
Tiba-tiba dua orang dengan buru-buru masuk ke dalem dengan gelagat bingung gitu. Gak peduli, gue tetep fokus sama layar bioskop.

Tapi, dengan buru-burunya tuh pasangan semakin deketin gue, dan berdiri didepan gue, membutakan pandangan film.

Oh ternyata mereka adalah pemilik dua kursi di samping, yang sedang gue gunain buat tiduran. Sial.

Dengan malesnya benerin posisi yang bener, sambil melirik muka mereka, gue baru sadar kalo mereka adalah pasangan. Cowok-cewek. Pacaran. Bangke.

Baru duduk, si cewek langsung nyosor meluk si cowok.
"Sayang.., takuutt."


Gue kaget sialan.
Yaelah baru juga duduk, belum liat layar udah segitunya.
Gue yang disebelahnya jadi gelisah sendiri. Anjir.  

Kenapa cobaan ini masih berlanjut, ya Tuhan..

Gak ngerti nih, mana yang lebih horor. Layar gede didepan gue yang sedari tadi munculin muka Mbak Asih, apa si kampret sebelah gue yang masih ngusel-ngusel.
Coba ya, nih, kalo filmnya Mbak Asih durasinya 24 jam, besok bisa hamil nih anak.

Gue rasa sih gak ada yang sehoror ini, gitu.
Lo nonton film horor dimana disamping lo ada orang ngusel-ngusel. Merindingnya lebih.

DAN serba salah. Kalo, pas kaget serem jadi gak boleh nengok. Kalo nengok, gue bakal liat pemandangan jahat, dan, lagi enak-enakan ngusel mereka bakal sontak liatin gue berbarengan, kita jadi saling tatap. Kan, tae.

Parah, gue udah gak nyaman lagi nonton film.
Musik-musik gaib Mbak Asih sudah tergantikan dengan suara mesrah mereka. Yang malahan lebih sukses bikin gue merinding.
Bukannya fokus dan jadi paham dengan jalan kisah filmnya, gue malah paham sama kisah cerita gak penting mereka.

"Yanggg.., aku sebel sama Arif, mantan aku. Masak dia sekarang sok-sok perhatian gitu sama aku. Sering nanya kabar di bbm, kalo malem jadi sering telpon masak yaaangg.. mmm.., kan jadi sebel akunya. Maunya apa sih dia. Hih." Kata si cowok.

Karena ganggu, gue ganggu balik aja mereka. Gue ngobrol sama temen gue sambil makan yang renyah-renyah, plastik bungkusnya sengaja diremes-remes biar ganggu mereka. Berharap peka, kalo mereka itu mengganggu.



Peka enggak, malah yang gue dapet "yanggg.., sebelah kok berisik banget yah. Gak ngerti apa lagi di bioskoppp." Kata si cewek, bengis.

Mendengar kalimat itu, gue malah jadi yang merasa bersalah. Akhirnya gue diem mematung, fokus nonton, berusaha gak menciptakan gerakan tiba-tiba.

Dan berhasil.

 
Lalu gue bersin. Kengceng. Gak sengaja nengok ke mereka.

Kita jadi tatap-tatapan.
Gue natap mereka, mereka lagi rangkul-rangkulan, gue natap si cowok, si cowok natap singis, gue natap cewek, dia lagi di ketiaknya si cowok. Kita tatap-tatapan lama. Sama-sama bingung mau apa. Untung si cowok gak sembarangan nawarin ketiak yang satunya buat gue. Jijik.

Asyik yah horor kali ini beneran paket lengkap. Gila, gak mau lagi gue.




Dan tamatlah si film Mbak Asih ini. Semua urat otot penonton mulai mengendor. Kita menghela napas berbarengan.

Gue pribadi suka sih sama filmnya.
Angle gambarnya keren-keren.
Dan yang masih bikin penasaran adalah si nenek, kalo bisa ngomong dia mau bilang apa ya? Kenapa dia bisa 'berakhir' gitu? Apa punya masa lalu juga sama si Mbak Asih?
Yang (mungkin) sudah baca novelnya (mungkin) tau, or anyone, please. Bisa diceritain di kolom komentar. Hehe.

Yah, yang penting sih gue udah bisa keluar dari situ. Pergi jauh-jauh, karna sudah gak tahan lagi liat kelakuan samping gue. Akhirnya, udara segar.


...

"Sayang.., samping kamu tadi aneh ya. Masak dia ketawa-ketawa tadi, pas nonton. Padahal, kan, filmnya horor, bukannya komedi. Bodoh ya dia." Terdengar sayup-sayup dari jauh di belakang sana, diantara antrian pintu keluar.


Gue cegat mereka di pintu, gue siram akua tuh muka. Becanda.


Gue pulang dengan rasa jengkel.



•Behind the Scene•
Yang jelas, gue gak bisa ceritain gimana rasanya nonton film horor bareng pacar. Karena, ya, gue gak punya pacar. Wakaka.

You Might Also Like

0 komentar